Sunday, March 10, 2013

Decision Support System


Decision Support System merupakan jenis khusus dari sistem informasi yang merupakan sistem interaktif yang mendukung dalam proses pengambilan keputusan dari seorang manajer di organisasi terutama dalam situasi semi-terstruktur dan tidak terstruktur. Sistem ini memanfaatkan informasi, model dan alat manipulasi data untuk membantu membuat keputusan dalam situasi semistructured untuk tidak terstruktur.
Atau secara ringkas bisa dikatakan bahwa:
"Sistem Pendukung Keputusan adalah  suatu sistem yang interaktif berbasis komputer yang mendukung manajer dalam membuat keputusan yang tidak terstruktur."


Tujuan DSS
Tujuan dari DSS adalah sebagai tercantum di bawah ini:
1. Memberikan bantuan kepada para pembuat keputusan dalam situasi yang bersifat semi-terstruktur.
2. Mengidentifikasi rencana dan tindakan yang potensial untuk menyelesaikan masalah.
3. Memberikan peringkat di antara solusi yang diidentifikasi, yang dapat diterapkan dan memberikan daftar   alternatif yang layak.

Pentingnya akan DSS
DSS telah menjadi penting bagi manajer hari ini karena alasan berikut :
1. Cepat dalam perhitungan:  Seorang pembuat keputusan dapat melakukan sejumlah besar perhitungan yang sangat cepat dan itu juga dengan biaya rendah dengan bantuan komputer yang mendukung sistem.
2. Meningkatkan produktivitas:  Keputusan sistem pendukung dapat meningkatkan produktivitas staf pendukung dan juga memungkinkan anggota kelompok untuk membahas masalah di antara mereka sendiri sebagai kejauhan.
3. Keputusan yang lebih baik: Sistem pendukung berbasis komputer dapat membantu pengambil keputusan pada keputusan yang lebih baik. Sebagai contoh, alternatif yang lebih dapat dievaluasi, analisis risiko dilakukan dengan cepat, dan pandangan ahli dari tempat yang berbeda dapat dikumpulkan dengan cepat dan dengan biaya yang lebih rendah.
4. Transmisi data:  Kadang-kadang data yang dapat disimpan pada berbagai lokasi, mungkin diperlukan untuk ditransmisikan dengan cepat dari lokasi yang jauh. Sistem pendukung bebasis komputer dapat mencari, menyimpan, dan ditransmisikan data yang dibutuhkan cepat dan ekonomis.

2 comments:

Senira Artia Risky said...

wah informasi yang sangat informatif :-)

Unknown said...

DSS memang merupakan point penting yang harus dikuasai agar bisa berkompetisi dengan baik... sangat informatif..

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo